Pengantar teknologi game
Game
merupakan “permainan” dimana maksud dari permainan tersebut lebih merujuk
sebagai “kelincahan intelektual atatu intellectual playability”. Game sendiri diartikan
sebagai arena keputusan untuk player atau pemain beraksi, dimana ada
target-target yang harus dicapai. Kelincahan intelektual, pada tingkat
tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara
maksimal.
Jadi Pengantar teknologi
game adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi
antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi
yang rasional.
Perkembangan game dalam dunia IT
Pada saat
ini perkembangan game sangat cepat, ditandainya dengan para ppengelola industry
game belomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih mendekati nyata/ riil dan
tentunya menarik bagi para pemainnya. Sehingga game bukan hanya sekedar hobi
untuk mengisi waktu luang, melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreativitas
dan tikat intelektal penggunannya.
Perkembangan
game dalam duni information technology , berkembang dalam beberapa Platform
games:
a. PC
Biasanya aplikasi gamenya menggunakan bahasa C++ atau C. Waktu pengembangannya 3-6 bulan, tergantung kompleksitas gamenya.
b. Web Based Games
Aplikasi game dimana diletakkan pada server di Internet, dimana user hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses gamenya. Waktu pengembangannya lebih singkat, 1-2 bulan.
c. SmartPhones/Pocket PC(PCC)
Aplikasi game yang berjalan pada system operasi Windows Mobile 2003, 2004, 5.0 sampai sekarang.
Usernya: karakter pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
d. Mobile Phone
Aplikasi game menggunakan bahasa: JAVA(jar), Symbian(sys), dan sekarang menggunakan PHYTON. Usernya dari semua kalangan, biasanya untuk mengisis waktu luang. Waktu pengembangannya relative lebih pendek, sekitar 1-3 bulan.
a. PC
Biasanya aplikasi gamenya menggunakan bahasa C++ atau C. Waktu pengembangannya 3-6 bulan, tergantung kompleksitas gamenya.
b. Web Based Games
Aplikasi game dimana diletakkan pada server di Internet, dimana user hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses gamenya. Waktu pengembangannya lebih singkat, 1-2 bulan.
c. SmartPhones/Pocket PC(PCC)
Aplikasi game yang berjalan pada system operasi Windows Mobile 2003, 2004, 5.0 sampai sekarang.
Usernya: karakter pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
d. Mobile Phone
Aplikasi game menggunakan bahasa: JAVA(jar), Symbian(sys), dan sekarang menggunakan PHYTON. Usernya dari semua kalangan, biasanya untuk mengisis waktu luang. Waktu pengembangannya relative lebih pendek, sekitar 1-3 bulan.
Konsep
game
-
FunGames
Fun games adalah permainan seperti : skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
-
ArcadeGames
Arcade games adalah semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
-
Strategic Games
Strategic games biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
-
Adventure Games
Adventure games terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
-
Simulation Games
Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika.
-
Serious game
Suatu konsep game dengan tujuan untuk
kepentingan trainning, advertising, simulasi, edukasi. Intinya adalah untuk
kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini
bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan
teknologi game.
Inti utama dari tujuan serious game adalah
menumbuhkan, mengedukasi, dan memotivasi pemain untuk satu tujuan tertentu..
Tujuan lain bisa juga untuk kepentingan marketing dan advertising. Di Amerika
sendiri, serious game ini banyak diterapkan di kalangan pemerintahan serta para
profesonal kesehatan.
Software pembuat game
Cry Engine
adalah salah satu Game Engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine
ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Beberapa contoh game
yang dibuat dengan menggunakan software ini adalah Crysis, Crysis War Head,
Crysis 2, FarCry.
Keunggulan dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, dan pencahayaannya juga sangat bagus.
Keunggulan dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, dan pencahayaannya juga sangat bagus.
Unreal
Engine Sejak 1998, GE keluaran Epic Games pertama digunakan untuk game
Unreal, dan dilanjutkan oleh game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). Generasi
pertama Game Engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. Beruntunglah
kita para PCGamer, karena dapat merasakan game-game dari Unreal Engine dengan
Framerate yang lebih stabil dibandingkan di console. Tetapi, Unreal Engine 3
mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate
stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range
Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game
dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE
ini memang mengutamakan di Shadows.
IW
Engine Semua pasti tau game Call Of Duty khan ? Yap .. game ini juga
dibuat dengan software yang bernama IW Engine atau yang biasa disebut Infinity
Wizard Engine, Walaupun Call Of Duty yang pertama dibuat dengan ID Tech Engine,
developer membuat sebuah GE tanpa nama resmi ini, yang diadaptasi dari ID Tech
3. Kelebihan utama GE ini adalah animasi dan pencahayaan yang fenomenal, juga
dengan AI kompleks yang cerdas, Depth of Field, dan “dynamic bullet
penetration”.
ID
Tech Engine Engine ini adalah kakek dari segala game bergenre FPS.
Sebenarnya, GE ini dibuat untuk game HoverTank 3d. Lalu berlanjut menghasilkan
game FPS pertama Catacomb 3d, tapi karena kurang terkenal, dibuatlah
Wolfenstein 3d. id Tech juga menghasilkan Game-game FPS Old School Quake series
dan Doom Series, dengan Engine yang telah dimodifikasi. GE ini memiliki 5
generasi, dengan adanya FPS hebat hasil GE ini di setiap jamannya. Generasi
terakhirnya adalah id Tech 5, yang menghasilkan game open-world
post-apocalyptic bergenre FPS-Racing, RAGE.
Creation Engine
memang dibuat khusus untuk Skyrim, karena keunggulan utamanya, yaitu, Random
Dungeon membuat kita tidak bosan menjelajahi semua Dungeon di Skyrim,
mencari-cari senjata dewa maupun menyelesaikan quest, Radiant AI, yang membuat
semua NPC memiliki sifat unik, Dynamic Lightning, Draw Distance Render yang
jauuuuh, membuat kita bisa menikmati luasnya Skyrim, dan kemampuan untuk
membuat Flora yang detail. grafik yang dihasilkan juga istimewa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar